Untuk tutorial Openshot mengenai bagaimana cara menghilangkan atau menghapus audio dari video ada dua cara untuk kebutuhan itu. Kedua cara itu pun mudah untuk diaplikasikan.

Silakan simak kedua cara tersebut di dalam video tutorial berikut ini

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Tips Menjaga Suara Agar Tetap Sehat

Kesehatan memang mestilah menjadi concern kita semua, pemilik tubuh kita masing-masing. Kalau bukan kita yang menjaganya lantas siapa yang akan melakukannya untuk kita? Benar demikian bukan?

Sebagaimana halnya dengan organ-organ tubuh lainnya, kita juga harus menjaga kesehatan suara kita. Meskipun kita bukan seseorang yang mengandalkan suara sebagai bagian dari profesi kita, namun bila suara kita enak didengar alias dalam keadaan sehat, maka kita pun akan mampu beraktifitas dengan maksimal.

Menurut seorang peneliti dari University of Michigan Health System, Norman Hogikyan, suara adalah duta besar Anda pada dunia. Suara mencerminkan personalitas dan emosi kita. Penilaian orang pada kita salah satunya dipengaruhi oleh suara kita.

Dengan demikian amatlah penting untuk menjaga kesehatan suara kita. Berikut ini tips untuk menjaga agar suara tetap sehat:

Konsumsi air putih yang mencukupi

Vokal suara kita bergetar amat cepat, oleh karenanya diperlukan air untuk menjaganya tetap berpelumas. Konsumsi air putih yang cukup setiap hari dan hindari minuman beralkohol dan kafein

Selain air putih, kita juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, apel, pir, atau melon.

Hindari Merokok

Merokok dapat meningkatkan resiko kanker tenggorokan. Pada perokok pasif, asap rokok yang dihirup secara tak sengaja bila ada perokok di sekitar, bisa menyebabkan iritasi pada pita suara.

Perhatikan Cara Berbicara

Menurut Hogikyan, seorang penyanyi profesional pun bisa mengalami gangguan suara ketika berbicara, oleh karena itu Anda harus banyak menarik nafas saat berbicara.

Istirahat yang Cukup

Amatlah penting untuk beristirahat cukup dan tidak berbicara dengan mengeluarkan suara berlebihan agar suara tetap fit. Bilamana Anda sudah merasakan sakit tenggorokan istirahatkan suara dan usahakan tidak berbicara (kecuali diperlukan) ketika Anda serak karena hanya akan memperparah kondisi pita suara. 

Katagori