Dengan memiliki channel di Youtube, kita bisa mengupload aneka macam video baik itu dengan tujuan untuk sharing informasi, hiburan, ataupun sekedar sharing ilmu yang kita miliki.

Dalam tiap menitnya, buanyak sekali video yang diupload ke dalam Youtube dari berbagai channel di seluruh dunia. Nah, ga kebayang deh bagaimana ramainya lalu lintas peng-upload-an video di Youtube ini.

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Dengan buanyaknya video baru yang diupload oleh para pemilik channel di Youtube, maka tentunya kita mesti tahu bagaimana ya supaya video yang kita upload ke dalam channel youtube kita itu mudah ditemukan oleh pengguna Youtube.

Nah, kali ini Simple Channel sharing mengenai trik agar video di channel youtube kita mudah ditemukan oleh pengguna. Silakan simak video hingga selesai guna mendapatkan trik yang dimaksud.

 

Algoritma Youtube dan Seluk Beluknya

YouTube sendiri menyebut sistem algoritma mereka sebagai “search and discovery system”. Hal ini dikarenakan fungsi dari algoritma Youtube yang tak hanya menentukan video-video yang ditampilkan ketika Anda mengetikkan keywords tertentu pada kolom search, tetapi juga menentukan video-video yang akan muncul di bagian lainnya.

Paling tidak terdapat enam bagian pada Youtube yang menjadi obyek algoritma dalam menempatkan video, yakni di hasil pencarian, home page, trending stream, di bawah daftar deskripsi, suggested video stream, dan notifikasi.

Tujuan utama dari penerapan algoritma Youtube sebagai “search and discovery system” ini, adalah untuk membantu viewers dalam menemukan video yang ingin mereka tonton dan mengoptimalkan kepuasan serta engagement para pengguna.

Cara YouTube menentukan algoritma mereka

Ulasan resmi Youtube tahun 2016 mengenai sistem algoritma mereka yakni algoritma Youtube fokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan video. Mereka menggunakan artificial intelligence (AI) alias intelegensia buatan yang diklaim mampu mempelajari lebih dari 80 miliar feedback dari para pengguna untuk menyediakan video yang tepat untuk penonton yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Empat jenis feedback para pengguna yang menjadi pertimbangan Youtube, adalah:

  • Video yang para pengguna tonton dan tidak
  • Berapa lama para pengguna menonton sebuah video (watch time)
  • Berapa lama waktu yang digunakan untuk menyaksikan video dalam sekali kunjungan (session time)
  • Likes, dislikes, dan “not interested” feedback

Katagori