Memiliki keterampilan tidaklah ada ruginya. Kita bisa menggunakan keterampilan itu untuk kebutuhan sendiri ataupun bisa kita bagikan kepada masyarakat bahkan kita bisa menghasilkan uang dari keterampilan yang kita miliki.

Oleh karenanya tidaklah salah bila kita ingin menguasai keterampilan tertentu yang belum kita ketahui sebelumnya. Dan banyak cara untuk menguasai keterampilan yang bisa kita aplikasikan.



Baca Juga:

Salah satu cara yang terbilang klasik alias jadul dan terbukti banyak berhasil adalah melalui membaca buku. Dengan membeli buku dan mulai membaca serta mendalami suatu buku, seseorang bisa menguasai suatu keterampilan.

Bila Anda ingin menguasai keterampilan mengutak-atik website atau membuat website, Anda bisa membeli buku-buku yang ditulis oleh Su Rahman. Su Rahman merupakan seorang penulis produktif yang mengkhususkan diri dalam bidang pembuatan website dan Seo.

Melalui buku-buku yang ditulis oleh Su Rahman yang sebagian besar diterbitkan oleh Pt. Elex Media Komputindo, Anda bisa menguasai cara-cara membuat website dan Seo. Dan dengan menguasai cara pembuatan website dan Seo itu, Anda bisa menghasilkan uang yakni dengan memberikan layanan jasa pembuatan website dan seo.

Selain buku-buku yang terkait pembuatan website dan seo yang adalah seo Joomla dan seo WordPress, Su Rahman juga menulis tentang software editing video yang mana sekarang ini amatlah bermanfaat bagi yang ingin berkecimpung dalam hal menjadi Youtuber.

Manfaat Membaca Buku

Sepertinya membaca buku adalah hal yang sepele. Kita berpikir bahwa setiap orang yang bisa membaca, pasti akan membaca buku juga yang ternyata tidaklah selalu demikian. Banyak mungkin yang sudah tahu mengenai manfaat membaca buku, namun tetap saja tidak melakukannya.

Yuk, kita simak manfaat membaca buku dan mulailah mencoba untuk membaca buku:

Mengurangi stress

Kian hari kian bertambah saja hal-hal yang bisa membuat stress, entah itu kemacetan lalu lintas, pergaulan, dan pekerjaan. Tentu saja kita mesti pandai-pandai mengatasi stress ini sehingga tidak menimbulkan hal atau penyakit yang bisa menyusahkan kita.

Dari sebuah penelitian di University of Sussex terbukti bahwa bahkan dengan membaca buku selama 6 menit bisa  menurunkan hingga 68% level stress seseorang.

Memperpanjang Hidup

Siapa yang tak ingin hidup panjang dan bermanfaat? Tentu saja banyak yang ingin seperti itu. Nah, salah satu cara yang bisa memperpanjang hidup adalah dengan membaca buku.

Penelitian yang dilakukan oleh Yale University’s School of Public Health menunjukkan bahwa orang-orang yang meluangkan waktunya untuk membaca buku, mempunyai kesempatan untuk hidup lebih lama.

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsenstrasi

Daya ingat dan konsentrasi yang merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh otak tentu saja akan menurun seiring kian berkurangnya kesehatan otak. Nah, untuk mempertahankan kesehatan otak, kita perlu melakukan aktifitas/olah raga untuk otak kita.

Olah raga yang diperlukan oleh otak adalah dengan cara membaca buku. Mengapa demikian? Karena dengan membaca buku, maka otak terbiasa mengolah pikiran dan memori. Simple banget kan?

Meningkatkan Kecerdasan

Dr. Seuss menuliskan bahwa membaca buku sebanyak-banyaknya dapat memperluas pengetahuan dan mendatangkan banyak pembelajaran baru dalam hidup seseorang. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.

Peneliti Anne Cunningham dan Keith Stanovich menyatakan bahwa kebiasaan membaca sejak kecil diperkirakan mampu memengaruhi kuantitas membaca seseorang dari tahun ke tahun. Dengan banyak membaca, maka kian kaya pula kosakata dan kemampuan membaca orang tersebut. Menurut penelitian lain dari University of Edinburgh dan King’s College London, kemampuan membaca sejak usia dini mampu meningkatkan kecerdasan secara keseluruhan