Kembali kita berjumpa dengan mahluk yang namanya indomie, yes itu merk mie instan kenamaan. Sebenarnya yang bikin special sih bukan indomienya, tapi orang yang menemukan resep bagaimana menyajikan indomie anti mainstream. Kalau yang mainstream mah udah biasa, indomie direbus campur telor tambah toping ini dan itu. Biasa itu ……

Kalo yang anti mainstream indome menjadi “Indomi Geprek”, “Seblak Indomie” dan sekarang “Sempol Indomie” aje gile memang imajinasi orang tidak ada batasannya, sampai indomie pun levelnya naik. 15 atau 20 tahun lalu, indomie dinikmati di warkop, campur telor sama saos botolan. Enak, buat ngisi perut dan harganya murah. Kalau masih kurang kenyang, tambah bubur kacang ijo ketam item, dijamin perut pasti berenti merengek minta diisi.

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Namun sekarang indomie masuk café, jadi makanan bergensi yang harganya mahal. Banyak baget warung atau café kekinian yang menyajikan menu utamanya adalah indomie yang divariasikan dengan aneka menu kekinian yang menggugah selera dan memacu rasa penasaran lidah untuk mencicipi seperti apa rasanya indomie yang sudah dikawinkan dengan masakan kekinian tesebut.

Ada lagi yang cukup gila, menyajikan indomie apa adanya. Hanya ditambahkan cabe saja, mau level mampus 300 cabe juga ada. Dan ajaibnya banyak yang suka, coba saja lihat di Youtube, banyak sekali hal seperti itu.

Contohnya video berikut ini, video ini 100 cabe. Cukup menyeramkan, coba simak saja . . . .

 

 

Sempol Itu Adalah Cemilan Khas Malang

Sorry … ngelantur . . . .

Kita kembali ke topik kita, sempol . . . . seperti biasa mari kita intip dulu apaka kata om Wiki Pedia tentang sempol, berikut ini cerita om Wiki Pedia  . . . .

 

Sempolan atau Sempol adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Sempol sendiri adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sempol banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Jajanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka (aci).Sempolan biasanya berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi. Setelah di goreng setengah matang kemudian di balur dengan telur yang sudah di kocok dan kemudian di goreng kembali sampai matang. Biasanya sempol ini dimakan dengan saus merah yang pedas dan kecap.

Semploan ikan adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan ikan bandeng yang sudah di haluskan. Sempolan ayam adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yangdicampur dengan ayam yang sudah di haluskan.

Tepung tapioka dengan bumbu halus, bumbu halus terdiri dari bawang putih daging ayam atau ikan yang sudah di haluskan, garam dan penyedap rasa secukupnya. Selanjutnya didihkan satu glas air dan masukan campuran yang tadi sudah dibuat. Jika sudah lengket angkat dan diamkan.Setelah itu campur sisa tepung tapioka dengan terigu sampai kalis.Bentuk bahan tadi dan tusuk menggunakan lidi.Rebus adonan tersebut hingga matang.Jika sudah matang celupkan sempolan yang sudah di tusuk ke dalam telur dan goreng hingga warna kecoklatan.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, sempolan dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata penjual sempolan adalah pedagang kaki lima yang berpindah-pindah, yang rata-rata berjualan di sekolah dan pabrik.

Wow … ternyata sempol berasal dari luar Jakarta, yang kemudian dibawa ke Jakarta dan menjadi salah satu kuliner kekinian yang ngehits.

Sumber Wiki Pedia terkait dengan topik “SEMPOLAN / SEMPOL”

 

Resep Sempol Indomie

Membuat sempol indomie sebenarnya cukup mudah, hanya butuh kesabaran saja dalam membuat dan membentuk adonan. Kalau saya lebih suka beli jadi saja, namun kalau mau coba bisa mempraktekan resep video ini. Kambali kalau saya bumbu-bumbunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Oya agar sempol tidak hangus dan matang merata gunakan api yang kecil, ya saya tahu menggoreng dengan api kecil itu butuh waktu matang. Kan tadi saya sudah bilang, buat sempol indomie ini gampang cuma butuh kesabaran termasuk kesabaran dalam menggoren . . . .

 

 

Resep Sempol Ayam Konvensional

Bagi yang mau coba resep sempol konvensional bisa pakai resep ini, cuma bikinnya harus lebih sabar dari pada bikin sempol indomie. Keasabaran dimulai dari membuat adonan sampai menggorengnya, kalau baca di komentar YouTubenya ada yang komen kaya gini “prakteknya dipercepat.. goreng sempol ko satu satu satu… dah kyk nungguin masakan nene2 bikin gregetan lambat” Ai Sopahani

Nih orang, namanya Ai Sopahani asal mangap. Biasa sih kalau di YouTube suka asal mangap komennya, nih orang gak tahu bikin sempol itu kudu sabar… banyak kemudian yang ngebully itu orang, intinya sih orang balas kalau masak sempol tuh kudu sabar . . . . . .

Kata mereka yang bijak yang mengerti ilmu illahi, “Orang Sabar Itu Disayang Tuhan” . . .  mungkin masak sempl ini bisa dijadikan terapi atau latihan untuk bersabar.

 

Katagori