Tutur tinular berasal dari bahasa Jawa yang berarti “nasihat atau petuah yang disebarluaskan”.

Selain serial Saur Sepuh, tercatat pula serial sandiwara radio dengan judul Tutur Tinular yang amat dinantikan para pendengarnya pada tahun 80 an.

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Tutur Tinular merupakan sebuah sandiwara radio yang sangat legendaris karya S. Tidjab. Kisah ini menceritakan tentang perjalanan hidup dan pencarian jati diri seorang pendekar yang berjiwa ksatria bernama Arya Kamandanu akan keagungan Tuhan Yang Maha Esa, suatu kisah dengan latar belakang sejarah runtuhnya Kerajaan Singhasari dan berdirinya Kerajaan Majapahit.

Serial Tutur Tinular pertama kali disiarkan 1 Januari 1989 dan disiarkan lebih dari 512 stasiun radio di seluruh Indonesia. Hingga tahun 2012 masih ada beberapa stasiun radio yang menyiarkan ulang serial sandiwara yang berdurasi 30 menit tiap kali tayang ini.

Karakter dari serial sandiwara tutur tinular ini, antara lain;

Arya Kamandanu,  Arya Dwipangga, Mei Shin, Sakawuni, Mpu Tong Bajil, Dewi Sambi, Mpu Renteng, Nini Ragarunting dan Kaki Tanparoang.

Jangan Lewatkan Serial Sandiwara Lainnya

Selain serial sandiwara radio Tutur Tinular, masih terdapat beberapa serial sandiwara radio lainnya yang juga menyedot perhatian banyak pendengarnya pada tahun 80 an hingga 90 an.

Sebut saja serial Saur Sepuh yang juga membuat sosok Fery Fadli menjadi tenar di saat itu. Kemudian ada juga serial Misteri Gunung Merapi, Kembar Mayang, Mak Rompang dan lainnya.

Silakan klik di sini untuk bernostalgia mendengarkan serial sandiwara radio lainnya yang melegenda di tahun 80 an ini.

 

 

Katagori