Hmm… siapa yang tak tau dengan bawang goreng yah, sepertinya kebanyakan orang suka dengan bawang goreng lantaran ia mampu membuat suatu hidangan masakan menjadi lebih enak dalam hal rasa dan aromanya.

Banyak masakan sehari-hari yang kita temui menggunakan bawang goreng sebagai taburan di atasnya. Sebut saja nasi uduk, tanpa taburan bawang goreng, sepertinya nasi uduk kehilangan rasanya. Selain itu ada juga masakan lainnya yakni soto, sayur sop atau sup dan bubur ayam yang menggunakan taburan bawang goreng guna menambah mantap rasanya.



Baca Juga:

Bawang goreng yang digunakan biasanya adalah bawang merah yang biasa dipakai sehari-hari untuk kebutuhan masak memasak. Dilihat dari situs Wikipedia, bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang digunakan di banyak negara di dunia.

Tumbuhan bawang merah berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, lalu menyebar ke berbagai belahan dunia, baik sub-tropis maupun tropis. bentuknya berupa umbi yang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Tanaman penghasilnya disebut dengan nama sama.

Zat-zat mineral yang dikandung bawang merah anara lain; vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Manfaat lain dari bawang merah adalah sebagai obat tradisional. Bawang merah dikenal sebagai obat lantaran ia mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Banyak yang tau dan sudah merasakan bahwa bawang goreng yang renyah itu menambah nikmat suatu masakan, namun sepertinya belum banyak yang tau bagaimana membuat bawang goreng yang renyah.

Untuk keperluan membuat resep bawang goreng yang renyah, berikut ini adalah bahan-bahannya;

  • Bawang merah
  • Garam
  • Minyak goreng

Cara membuatnya:

  • Siapkan bawang merah yang ingin Anda gunakan, lalu kupas kulitnya
  • Setelah itu iris-iris tipis, kemudian tambahkan garam secukupnya
  • Aduk-aduk hingga rata
  • Setelah itu goreng hingga kekuningan lalu angkat dan tiriskan
  • Setelah uap panasnya hilang, masukkan ke dalam toples untuk menjaga kerenyahannya.