Mpon-mpon adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan oleh leluhur kita di nusantara ini baik untuk bumbu masakan ataupun untuk obat secara tradisional. Rempah-rempah tersebut adalah jahe, kunyit, temulawak, sereh, dan kayu manis.

Mpon-mpon ini kian melambung namanya sejak wabah corona merebak datang di Indonesia setelah sebelumnya juga merebak di negara-negara lain. Mpon-mpon diyakini mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah tertular virus tersebut.



Baca Juga:

Untuk lebih jelasnya mengenai rempah-rempah dalam mpon-mpon ini, mari kita bahas satu persatu dan manfaatnya.

Kunyit

Kunyit atau dikenal juga dengan kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Ia termasuk dalam keluarga jahe-jahean, masih satu keluarga dengan jahe. Bagian dari pohon kunyit yang digunakan adalah umbinya. Sehingga bila seseorang menyebut kunyit itu berarti merujuk pada umbinya.

Kunyit memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, anti peradangan. Zat kurkumin yang ada dalam kunyitlah yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti peradangan ini. Selain itu manfaat kunyit antara lain; mencegah kanker, mengurangi rasa mual, mengatasi masalah pada pencernaan.

Temulawak

Termasuk ke dalam tanaman obat yang berasal dari Indonesia, yakni pulau Jawa. Temulawak juga dikenal dengan nama koneng gede.

Bagian tanaman ini yang dimanfaatkan adalah rimpangnya yang biasa dibuat jamu godog. Rimpang ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri dan dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Manfaat lain dari rimpang tanaman ini adalah sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti kolesterol, antiinflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

Jahe

Jahe juga merupakan salah satu rempah-rempah atau bahan obat yang banyak dikenal luas di masyarakat Indonesia. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat jahe antara lain: sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, membantu proses detoksifikasi, mengatasi masalah pada pencernaan dan untuk mengurangi rasa sakit.

Sereh

Atau serai merupakan anggota rumput-rumputan. Mirip seperti rumput tanamannya ya. Sereh sering sekali digunakan untuk memberikan aroma pada masakan.

Sereh juga terkenal dengan minyak atsirinya yang dihasilkan dari penyulingan tanaman ini. Sereh baik itu berupa tanaman ataupun yang sudah menjadi minyak atsiri, baik sekali untuk mengusir nyamuk.

Banyak sekali kegunaan tanaman ini untuk kesehatan kita ya, antara lain untuk menurunkan kadar kolestrol, mencegah infeksi, menghilangkan kembung dan untuk menjaga kesehatan mulut.

Kayu manis

Tanaman rempah-rempah ini termasuk dalam golongan genus Cinnamomum dalam keluarga Lauraceae. Bagian dari tanaman ini yang digunakan adalah kulit kayunya.

Kayu manis penuh dengan senyawa bermanfaat yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidannya yang tinggi seperti polifenol, serta memiliki sifat antimikroba dan antiparasit dapat digunakan sebagai perawatan tubuh dan kecantikan.

Sekarang manfaatnya antara lain; untuk menyehatkan jantung, mencegah penyakit kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai anti jamur dan bakteri.

Cara membuat jamu mpon-mpon amatlah mudah. Meskipun kini telah banyak tersedia jamu mpon-mpon yang dijual di market place, ada baiknya kita membuatnya sendiri saja.

Caranya amat mudah

  • Cuci bersih semua bahan-bahannya
  • Lalu potong-potong semua kecuali kayu manis
  • Setelah rebus air dalam panci
  • Setelah mendidih, masukkan semua bahan
  • Tunggu beberapa menit
  • Setelah itu kompor bisa dimatikan
  • Bisa diminum ketika hangat

 

Silakan tambahkan gula merah sebagai penambah rasa.

Bagaimana? Sudah jelas kan apa dan manfaat dari jamu mpon-mpon ini? Yuk, kita mulai membuatnya demi kesehatan kita semua.