Beberapa perangkat pintar (smart gadget) berkomunikasi melalui Bluetooth, tetapi sebagian besar terhubung melalui Wi-Fi. Oleh karena itu, router Wi-Fi adalah salah satu komponen terpenting jika terkait dengan tenologi perangkat pintar.  Terkadang penyedia layanan internet Anda menawarkan Anda menyewa router. Ini biasanya merupakan transaksi yang buruk. Anda sering dapat menghemat uang dengan membeli router Anda sendiri.

Namun tentu saja karena ketidak tahuan akan router ini, akhirnya mau tidak mau menerima tawaran penyedia jasa internet untuk menyewa router dari mereka. Bagi Anda yang ingin mengetahui perihal router dan menemukan router terbaik untuk kebutuhan Anda berikut ini adalah tipsnya:



Baca Juga:

 

Kecepatan Router

Ada beberapa klasifikasi yang berbeda dari kecepatan router, dinotasikan sebagai 802.11 diikuti oleh huruf. Peringkat kecepatan Wi-Fi  seperti ini: a -> b -> g -> n -> ac, dengan “a” menjadi yang paling lambat, dan “ac” menjadi yang tercepat.

Jika Anda berada di toko untuk membeli router baru, berhati-hatilah router 802.11a, 802.11b, atau 802.11g. Router-router ini sudah beberapa tahun kedaluwarsa, dan kecuali Anda mendapatkannya dengan harga terendah atau gratis.

802.11n router menggembar-gemborkan kecepatan hingga 300 megabit per detik, dan router 802.11ac dapat mencapai kecepatan sekitar 1300+ megabit per detik. Sangat menggoda bukan, namun perlu diingat, kecepatan maksimum yang akan Anda dapatkan tergantung pada layanan internet yang Anda bayar.

Sebagian besar layanan internet untuk rumah atau layanan internet pada umumnya tidak memiliki akses ke kecepatan lebih cepat dari 300 megabit, jadi Anda mungkin akan baik-baik saja dengan membeli router 802.11n. Namun jika Anda ingin membeli router 802.11ac  maka itu bisa digunakan untuk masa mendatang, namun sepertinya dimasa mendatang ketika router 802.11ac  sudah bisa dipakai untuk interner rumahan akan keluar jenis router baru lagi yang jauh lebih cepat.

 

Dual Band vs Single Band

Banyak router menawarkan fungsi dual band, seperti sinyal 2,4 ghz dan sinyal 5 ghz. Router single band hanya menawarkan sinyal 2,4 ghz. Jika Anda memiliki banyak perangkat atau benar-benar membutuhkan kecepatan ekstra, gunakan router dual band. Jika Anda hanya menggunakan untuk kebutuhan yang sederhana, maka Anda bisa menggunakan Single Band sehingga Anda bisa menghemat uang Anda.

Extenders dan Mesh Networks

Jika Anda memiliki rumah yang besar, Anda mungkin perlu membeli extender Wi-Fi untuk menjangkau area di rumah Anda. Perangkat ini dapat meningkatkan sinyal dan menjangkau ruangan lebih luas lagi. Namun sebelum membeli extender Wi-Fi sebainya Anda setupa router Anda terlebih dahulu dan lihat bagaimana jangkaunya di rumah Anda, dari sama baru nanti Anda bisa memutuskan jenis extender yang Anda butuhkan.

Jika uang bukan masalah, Anda bisa membeli router dengan teknologi jaringan mesh. Router-router ini secara otomatis bekerja sama untuk membuat jaringan Wi-Fi yang kuat. Teknologi ini banyak digunakan di gedung komersial, namun sekali lagi router ini menjadi terlalu mahal untuk dipakai di dalam rumah.

 

Diskusikan Dengan Orang Yang Mengerti Lebih Dahulu

Sebelum membeli router sebaiknya Anda diskusikan terlebih dahulu dengan orang yang mengerti, biasanya karywan toko cukup mengerti tentang spesifikasi router dan kelebihan atau kekurangan dari sebuah jenis router.

Silahkan Anda diskusikan terlebih dahulu, agar Anda bisa memberli router yang pas untuk kebutuhan rumah Anda sehingga Anda tidak membuang-buang uang untuk membeli router yang tidak Anda butuhkan.