Gelang Gelang Sangka adalah salah satu sandiwara radio, dimana pada eranya sandiwara radio ini cukup pupoler terutama di daerah Jawa Tengah. Karena memang sandiwara yang satu ini bernuansa Jawa, dengan suara latar gamelan. Sepertinya sandiwara ini memang membidik audies dari daerah Jawa Tengah, namun meski demikian sandiwara radio Gelang Gelang Sangkala dari sisi cerita dan penyajian cukup bagus.

Alur ceritanya bergerak cukup lambat, berbalutkan nuansa kelam. Namun meski demikian ceritanya sarat dengan kebijakan kejawen, dimana kebijaksanaan kejawen mewarnai petuah-petuan dalam sandiwara Gelang Gelang Sangkala ini.



Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin bernostalgia atau ingin mendengarkan sandiwara radio Gelang Gelang Sangaka, silahkan menyimaknya dalam episode pertama yang berjudul “Tiga Murid Perguruan”

Ikuti Juga Sandiwara Radio Kembar Mayang

Selain Gelang Gelang Sangaka, ada juga sebuah sandiwara dengan nuansa yang serupa yaitu “Sandiwara Radio Kembar Mayang”. Sama seperti Gelang Gelang Sangkala, sandiwara Kembar Mayang ini alur ceritanya bergerak perlahan, dibalut dengan nuansa gamelan jawa.

Kisahnya dibalut dengan nuansa mistis dan menyuguhkan rahasia kehidupan Wong Agung Mataram, dimana memang Kembang Mayang ini berlatar belakang era kerajaan Mataram. Dibalut dengan nuansa islami yang dipadukan dengan tradisi Jawa Mataram.

Bagi yang ingin mengikuti sandiwara radio Kembar Mayang ini, langsung saja klik di sini untuk mengikuti ceritanya. Agar tidak bingung, sebaiknya mendengarkan dari bagian pertama secara berurut. Meski jalan ceritanya agak lambat, namun jika diikuti maka akan ketemu asyiknya juga.