Setelah beberapa waktu yang lalu Simple Channel telah berbagi tentang cara merekam narasi ke dalam video dengan menggunakan software editing video yang bernama VSDC premium edition, kini Simple Channel kembali berbagi mengenai materi yang sama dengan menggunakan software yang sama dengan edisi yang gratisannya.

Adapun untuk tutorial cara merekam narasi ke dalam video dengan software editing video yang bernama VSDC premium edition bisa Anda lihat kembali di sini 

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Kini untuk panduan cara merekam narasi ke dalam video dengan versi gratisannya, bisa kita simak bersama dalam video panduan ini:

 

Sejarah singkat mengenai alat perekam

Alat perekam suara pertama kali ditemukan oleh Leon Scott dikenal dengan nama Phonoautograph. Alat perekam ini telah ada sebelum adanya Phonograph yang ditemukan oleh Thomas Alfa Edison tahun 1857.

Cara kerja phonoautograph adalah memindahkan gelombang suara ke helai kertas yang dihitamkan dengan menggunakan asap lampu minyak saat itu. Sang penemu alat tersebut yakni Leon Scott tidak dapat memutar ulang rekaman yang ia buat tersebut, dan pada tahun 1888 Thomas Alfa Edison membuat alat yang dapat merekam sekaligus dapat memutar ulang rekaman tersebut.

Tape Recording

Tape recording kemudian mengambil alih kepopuleran phonograph dan recording optical lantaran kemudahan dan faktor harga yang terjangkau. Tape recording mulai populer tahun 1950 an.

Keberadaan tape recorder ini membawa perubahan dan perkembangan yang pesat terhadap industri musik. Dengan tape recording, maka seorang penyanyi tidaklah harus menyanyi dengan sempurna seperti halnya sebelum adanya tape recording karena memungkinkan adanya editing yang lebih mudah sehingga kesalahan yang terjadi dalam proses rekaman dapat diperbaiki dengan mudah.

Multitrack recording

Eksperimen penggunaan multitrack recording terjadi pada tahun 1940 hingga 1960 an. Pada tahun 1963 Philips memperkenalkan kaset atau compact audio cassette yang berfungsi sebagai alat penyimpan audio.

Kemudian pada awal 1980an, sebuah perusahaan Jepang yang bernama Sony merilis walkman, sebuah alat pemutar kaset portable dengan ukuran yang kecil.

Digital recording

Teknologi digital recording mulai berkembang pada tahun 1980an. Tahun 1984, Sony, sebuah perusahaan Jepang merilis compact disc yang bentuknya seperti cakram dengan lubang di bagian tengahnya.

Kehadiran CD lalu diikuti dengan keberadaan VCD dan DVD yang tidak hanya mampu menyimpan audio namun bisa juga menyimpan visual bergerak.

Pada tahun 1995 sebuah tim dari institute Jerman membuat Wimplay yakni pemutar  musik versi Windows. Wimplay ini merupakan cikal bakal dari media player yang terdapat di dalam personal computer (pc).

Selanjutnya, Steve Jobs menggagas kelahiran iPod yang merupakan alat pemutar Mp3 yang portable.

Katagori