Website yang merupakan suatu kebutuhan di masa kian berkembangnya teknologi ini haruslah dilindungi, dijaga keberadaannya sehingga tetap dapat diakses dengan baik oleh siapa pun juga.

Bilamana di dunia nyata terdapat aneka kejahatan (crime), maka di dunia maya pun demikian. Di dunia nyata, kejahatan yang terjadi antara lain; pencurian, perampokan, pencopetan dan lainnya.

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Kalau di dunia maya, bentuk-bentuk kejahatannya atau cyber crime juga tak jauh berbeda hanya saja metode yang digunakannya saja yang berbeda. Di dunia maya juga dikenal dengan pencurian yakni pencurian data, lalu ada juga hacking, penyebaran virus, bahkan juga cyber terorism.

Untuk itulah guna mencegah terjadinya kejahatan yang menimpa website kita, maka hendaknya kita mengamankan website dengan tehnik-tehnik tertentu seperti halnya memasang firewall.

Untuk panduan memasang firewal guna melindungi website berbasis WordPress dari tindakan yang merugikan, silakan simak videonya berikut ini:

Silakan Subscribe ke Simple Channel Guna Mendapatkan Aneka Tutorial Bermanfaat Lainnya

Hacker Ternama di Jagat Maya

Dengan berjalannya waktu, kini para hacker tidak berjalan atau bekerja sendiri-sendiri namun sudah mulai ada yang berkelompok dalam menjalankan aksi mereka.

Tersebutlah kelompok-kelompok yang ternama dan cukup disegani, antara lain;

Comment Crew

Mereka merupakan salah satu kelompok hacker yang disupport oleh Tiongkok. Menyembunyikan komentar pengguna di laman web adalah kebiasaan kelompok ini lantaran mereka adalah bagian dari People Liberation Army.

Lazarus Group

Aksi dari kelompok yang konon mempunyai kedekatan dengan Korea Utara ini adalah meretas halaman website Amerika Serikat dan Korea Selatan dengan serangan Dos tahun 2009.

Terakhir mereka dikaitkan dengan serangan ransomware WannaCry pada mei 2017.

Sandworm

Kelompok ini dipercayai memiliki hubungan dengan negara Rusia. Mereka dikenal telah membobol perusahaan-perusahaan yang menangani infrastruktur penting.

Konon kelompok hacker ini telah meretas orang-orang yang ada hubungan dengan NATO dan pemerintah Ukraina guna mengumpulkan data-data intelejen.

Katagori