Ketika melakukan membuat sebuah video, ada kalanya terdapat bagian yang tidak kita inginkan atau bagian yang memang seharusnya ditiadakan. Tak perlu khawatir, karena kita bisa melakukan pemotongan pada bagian yang tak kita inginkan tersebut.

Pemotongan atau editing tersebut bisa kita lakukan dengan menggunakan sebuah software video gratis yang tidak ada watermarknya, artinya tidak ada keterangan bahwa kita menggunakan software tersebut. Software video edting gratis yang kita gunakan adalah software VSDC.



Baca Juga:

Caranya pun tidaklah sulit, silakan ikuti panduannya pada video berikut ini:

Untuk tutorial terkait editing video dengan menggunakan software VSDC, silakan klik di sini

Sekilas tentang Sejarah Video Editing

Sejarah video editing dimulai ketika pertama kali orang menonton film di sebuah ruang yang diproyeksikan ke sebuah layar yang tercatat pada tanggal 28 Desember 1895.

Tersebutlah Lumiere bersaudara yang menyewa ruangan bilyar tua yang terletak di bawah tanah di Boulevard des Capucines, Paris yang selanjutnya dikenal sebagai ruangan bioskop pertama di dunia.  Tempat itu kemudian dikenal dengan nama Grand Café. Sejak saat itu menonton film menjadi sebuah pengalaman baru bagi semua orang.

Awalnya film adalah merupakan film diam tanpa dialog maupun nyanyian. Setelah lebih dari 100 tahun, teknologi produksi film berkembang secara pesat. Film The Jazz Singer merupakan sebuah film hitam putih pertama yang menyajikan lengkap musik, dialog dan nyanyian. Film ini dibuat tahun 1927 dan disutradarai oleh Alan Crosland.

Dengan adanya teknologi video, yang ditemukan kemudian yang mampu menggabungkan gambar dan suara dalam satu media penyimpanan, maka orang awam pun mudah membuat video sendiri baik itu untuk komersil ataupun untuk pribadi.