Bakso merupakan salah satu jajanan yang populer di masyarakat Indonesia. Bakso yang umumnya berbentuk bulatan-bulatan ini biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Bakso lainnya ada yang terbuat dari daging ayam, ikan ataupun udang.

Bakso disajikan dalam keadaan panas dengan kuah kaldu sapi yang bening ditambah mie, bihun dan sayuran seperti tauge dan sawi. Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa – Indonesia.

Butuh Jasa Pembuatan Website Berpengalaman? Simple C Sudah Sejak 2007 Memberikan Layanan Pembuatan Website. Harga Terjangkau, Mulai Dari 299 Ribu [Info Lengkap]

Berasal dari kata Bak-so dalam bahasa Hokkien yang artinya daging giling. Daging yang mereka gunakan umumnya adalah daging babi. Namun, di Indonesia dengan masyarakatnya yang mayoritas beragama Islam, maka bakso dibuat dengan menggunakan daging, sapi, ayam, ikan atau udang.

Kini, mayoritas penjual bakso adalah orang jawa yang berasal dari wonogiri dan malang. Tempat yang dikenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang terkenal dengan bakso Malang.

Tak enak rasanya bakso tanpa ditemani oleh kuah bening yang lezat. Nah, berikut ini resep cara membuat kuah bakso yang lezat.

Bahan yang digunakan:

  • Tulang sapi
  • Bawang putih dihaluskan
  • Merica bubuk
  • Bubuk kaldu sapi
  • Garam

Cara Membuatnya:

  • Rebus tulang sapi ke dalam 2,5 liter air sisa rebusan bakso
  • tumis bawang putih yang dihaluskan dengan merica bubuk
  • masukkan tumis bawang putih dan merica
  • tambahkan daun bawang, seledri atau bawang goreng (sesuai selera)

 

 

Ternyata Begini Sejarah Bakso, Makanan yang Mendunia ini

Siapa yang tidak kenal dengan bakso? Jajanan yang paling enak untuk disantap kala musim penghujan. Hmmm…. enaknya… hangat-hangat bikin kenyang juga. Makan bakso bareng orang-orang yang kita kasihi diiringi dengan alunan lagu kemesraan ini janganlah cepat berlalu….pasti merupakan momen yang berkesan. He he he…

Nah, bakso ternyata berasal dari China, tepatnya Fuzhou sekitar awal abad ke-17 pada akhir Dinasti Ming. Pada suatu ketika di saat itu, tersebutlah seorang anak yang amat sayang kepada ibunya yang bernama Meng Bo. Ibunya tidak boleh makan makanan yang keras lantaran ia sudah tua dan sakit-sakitan. Ia harus makan makanan yang lembut dan empuk padahal ibunya itu suka sekali makan daging.

Hal tersebut membuat Meng Bo sedih lantaran ibunya tidak bisa makan daging lagi. Hingga ia berpikir keras bagaimana caranya supaya sang ibu bisa makan daging lagi.

Suatu ketika ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk membuat kue mochi. Meng Bo pun terinspirasi dari kegiatan tetangganya tersebut, maka ia pun mulai menumbuk daging hingga empuk untuk kemudian dibulat-bulatkan dan lalu direbus.

Sang ibu amat senang dengan hal yang dilakukan oleh Meng Bo. Akhirnya sang ibu bisa menikmati makanan kesukaannya yakni daging dalam bentuk bulatan-bulatan yang dinamakan bakso.

Kisah Meng Bo yang membuat bakso ini tersebar ke seluruh daerahnya, hingga para tetangga minta diajari cara membuat bakso.

Jerih payah Meng Bo yang ia tujukan kepada ibunya kini menjadi terkenal di mana-mana, di Indonesia salah satunya. Terima kasih Meng Bo…

Katagori